Minggu, 28 Oktober 2012

Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan
                Apakah keindahan itu ??
Keindahan merupakan sesuatu yang bersifat merujuk pada suatu hal yang cantik, elok, bagus dan lainnya. Keindahan terdapat pada semua elemen seperti keindahan alam, keindahan seni visual, suara ataupun keindahan manusia. Unsur atau sifat keindahan dapat membuat perasaan manusia menjadi lebih baik.
          Herbet Read merumuskan bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat pencerapan-pencerapan indrawi manusia. Filsuf abad pertengahan Thomas Aquinas mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan apabila dilihat:
Menurut luasnya pengertian keindahan dibedakan menjadi 3, antara lain:
1.keindahan dalam arti luas
          *menurut The Liang Gie keindahan adalah ide kebaikan
          *menurut Pluto watak yang indah dan hokum yang indah
          *menurut Aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan
2.keindahan dalam arti estetik murni
          Keindahan ini menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.
3.keindahan dalam arti terbatas
          Keindahan ini mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yaitu berupa keindahan bentuk dan warna. Keindahan tersusun dari beberapa keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata.


Nilai ekstrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya, yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu contohnya: puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik

Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik

Hubungan Manusia dan Keindahan
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang sempurna diciptakan dengan akal pikiran, perasaan dan nafsu. Pada kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari unsur keindahan, baik menciptakan keindahan maupun menikmati keindahan itu sendiri secara langsung maupun tidak langsung.
          Ada beberapa alasan bagi manusia untuk menciptakan keindahan, ada yang menciptakan keindahan untuk banyak orang agar dapat dinikmati oelh orang-orang, ada yang menciptakan keindahan untuk suatu kepentingan, bahkan ada juga yang menciptakan keindahan untuk dinikmati oleh dirinya sendiri.  Sangat luas kawasan keindahan bagi manusia, karena itu kapan dimana dan siapa saja dapat menikmati keindahan. Selain itu manusia memang secara hakikat membutuhkan keindahan guna kesempurnaan pribadinya. Tanpa estetika manusia tidak akan sempurna, karena salah satu unsur kehidupan adalah estetika. Oleh karena itu, manusia sangat memerlukan estetika ini.
          Pada dasarnya semua unsur yang ada dimuka bumi ini memiliki keindahan, dapat berupa keindahan alam, keindahan karya seni, keindahan music ataupun bisa juga keindahan pada manusia itu sendiri yang diciptakan dengan kesempurnaan dibandingkan makhluk Tuhan yang lainnya. Semua unsur dimuka bumi ini adalah ciptaan Tuhan untuk dapat dinikmati oleh manusia, sehingga perasaan kita akan merasa lebih baik karena adanya keindahan itu sendiri.
          Oleh sebab itu kita harus bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan semua keindahan yang ada dalam alam semesta ini termasuk kita sebagai manusia yang memiliki segala bentuk keindahan yang sempurna dibandingkan makhluk yang lain dan dapat juga menciptakan suatu keindahan. Dan jangan kita merusak semua keindahan yang telah diciptakan Tuhan, malah seharusnya kita menjaga dan melestarikannya.
http://sugiartha26.wordpress.com/2011/04/11/5-manusia-dan-keindahan-2/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar