Rabu, 24 April 2013

dampak perkembangan IPTEK terhadap masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


Dampak perkembangan IPTEK terhadap masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

Pada era globalisasi pada masa sekarang ini, memaksa masyarakat Indonesia untuk bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan IPTEK, namun demikian tidak sedikit dari kita yang serba ketinggalan dengan perkembangan IPTEK. Perkembangan IPTEK memang memberikan sisi positif namun terkadang juga membawa dampak yang buruk.

Dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat dari penggunaan Internet oleh masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja. Internet dalam kehidupan sehari-hari dizaman era globalisasi ini sangat diperlukan sekali oleh masyarakat. Seperti untuk mengetahui berita-berita yang sedang up to date dan memberikan akses yang cepat untuk memenuhi keperluan manusia. Internet itu suatu perangkat pintar yang sangat mudah diperoleh oleh manusia.

Internet memberi banyak manfaat bagi masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses perkembangan yang ada diseluruh dunia. Bahkan dengan hadirnya warnet saat ini memberikan dampak yang cukup luar biasa terhadap perkembangan internet, dan warnet pula yang berkontribusi dalam pengenalan Internet ke masyarakat Indonesia. Munculnya handphone pintar (smartphone) juga salah satu media elektronik yang mendukung perkembangan Internet di masyarakat dan tidak mengenal usia.

Salah satu akses pendukung untuk berkomunikasi saat ini adalah e-mail yang sering dijadikan alat untuk menyebarkan berita kepada orang yang diinginkan, meski sekarang lebih banyak lagi fitur-fitur pendukung untuk berkomunikasi melalui internet, contohnya: twitter, facebook, yahoo, dsb. Dengan Internet manusia akan menjadi lebih pintar karena semua berita menjadi lebih transparan, baik berita ekonomi, politik , sosial, budaya, dan pengetahun teknologi.

Dari Internet memang banyak sekali manfaat-manfaat positif yang dapat diperoleh, namun kita juga harus mewaspadai dampak negatif yang terkandung didalam perkembangan internet. Karena dampak positif dan negatifnya 1:1 atau seimbang. Berikut contoh dampak positif dan negatif pada perkembangan Internet.

Dampak positif pada internet:

  •   Membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan efesien.
  •   Sebagai akses komunikasi yang mudah.
  •  Sebagai sumber informasi yang luas tanpa batasan ruang dan waktu.
  •  Memudahkan untuk mendownload (game, music, artikel, dll)
Dampak negatif pada internet:
  • Menyebabkan ketagihan/kecanduan (Internet Addiction Disorder).
  • Bisa merusak moral para remaja yang umumnya dengan mudah mengakses gambar maupun video porno yang marak di Internet.
  • Menimbulkan tindak kejahatan baru lewat internet, seperti prostitusi atau penipuan belanja online.
  • Bisa membuat pelajar menjadi malas berpikir karena adanya googling di Internet.
Karena di Internet banyak menghadirkan efek yang tidak baik, kita sebagai pengguna harus lebih waspada menggunakannya, terutama dikalangan anak-anak dibawah umur, dan para remaja.

sumber:http://imronfauzi.wordpress.comv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar